Thursday, July 21, 2016

Wisata Alam Kawah putih Ciwidey Bandung

Kawah putih Ciwidey Bandung

Kawah putih Ciwidey Bandung


Ciwidey adalah sebuah kecamatan di kabupaten bandung ( jawa Barat ). Nama Ciwidey berasal dari bahasa portugis kuno, dari kata Ciwi yang berarti buah kiwi dan Dey yang berarti hari. Daerah ini berbatasan dengan kabupaten Cianjur, dengan akses jalan yang menembus daerah cianjur selatan.
Ciwidey terkenal sebagai daerah tujuan wisata dan juga sebagai daerah penghasil produk pertanian dan perkebunan. Objek wisata di daerah ini antara lain :

  1. Kawah putih
  2. Situ patenggan
  3. Perkebunan teh Rancabali
  4. Ranca upas
  5. kebun strawberry Ciwidey

Kawah putih Ciwidey Bandung merupakan sebuah tempat wisata di jawa barat ( Bandung ) yang terletak di kawasan Ciwidey yang menjadi salah satu tempat favorit bagi para turis yang bertujuan berwisata di bandung. Kawah putih merupakan sebuah danau kawah yang berasal dari hasil letusan gunung Patuha yang terjadi pada abad 10 – 12 atau sekitar tahun 1000 – 1200 Masehi. Kawah putih berada di ketinggian sekitar 2.434 di atas permukaan laut. Kawah putih mempunyai keindahan alam yang sangat indah dan tidak mudah untuk di temukan di daerah lain. 

Di kawah putih kita bisa melihat pemandangan danau kawah yang terselubung kabut, hamparan pasir putih dengan pemandangan gunung Patuha yang indah. Disana kita bisa melihat sesuatu pemandangan yang sangat menakjubkan karena warna air di danau yang dapat berbuah warna. Apabila matahari bersinar mengenai danau  kawah maka air di danau kawah akan berubah warna menjadi hijau kebiruan. Dan apabila sinar matahari meredup maka warna air di kawah akan berubah menjadi putih kecoklatan. 

Apabila ingin mengunjungi tempat ini jangan lewatkan untuk mengabadikan keindahan alam ini. Gunakan juga pakaian hangat seperti jaket, sweater karena suhu udara di kawasan kawah putih sangat sejuk dan dingin sekita 8 – 22 derajat celcius.
Kawah putih selalu menjadi primadona para wisatawan baik lokal maupun mancanegara selain tempat wisata di sekitarnya seperti : Situ patenggang, perkebunan teh Rancabli, Ranca upas, dan kebun strawberry Ciwidey. Setiap hari banyak wisatawan dari dan luar kota bandung yang datang mengunjungi tempat wisata ini karena pesona alam dan keindahan yang memancarkan aura magic di tempat ini.

Kawah putih Ciwidey Bandung


Kawah putih terletak di Jln Raya Soreang ciwidey 25 km dari kabupaten bandung ( Jawa Barat ). Lebih lengkapnya di Jln kawah putih Ciwidey, Bandung – Jawa Barat. Akses untuk menuju ke tempat wisata kawah putih sangatlah mudah. Dapat di tempuh dengan menggunakan kendaraan umum maupun dengan kendaraan pribadi roda dua dan empat. Jarak tempuh dari kota bandung ke kawah putih sekitar 46 Km atau 2,5 jam perjalanan. Bagi anda yang berada di luar kota bandung, pintu tol kopo adalah tempat transit terdekat menuju area wisata ini.

Rute menuju ke lokasi kawah putih ciwidey Bandung

Rute menuju ke lokasi kawah putih Ciwidey apabila anda dari arah Jakarta pasti keluar melalui tol Padalarang barat. Berikut adalah akses menuju tempat wisata kawah putih Ciwidey Bandung :

Rute 1 : Kawah putih Ciwidey Bandung lewat Kopo ( macet )

Jakarta > Tol Jakarta – Cikampek > Tol Purbaleunyi > Keluar Tol Kopo > Gerbang Tol Kopo > Belok Kanan > Jalan Kopo > Bihbul > Sayati > Katapang > Soreang > Pasirjambu > Ciwidey > Gerbang Kawah Putih.

Rute 2 : Kawah putih Ciwidey Bandung lewat Mohamad Toha

Jakarta > Tol Jakarta – Cikampek > Tol Purbaleunyi > Keluar Tol Mohamad Toha > Gerbang Tol Mohamad Toha > Belok Kanan > Jalan Mohamad Toha > Dayeuhkolot > Bale Endah > Pameungpeuk > Banjaran > Cimaung > Soreang > Pasirjambu > Ciwidey > Gerbang Kawah Putih.

Rute 3 : Kawah putih Ciwidey Bandung lewat Buah Batu

Jakarta > Tol Jakarta – Cikampek > Tol Purbaleunyi > Keluar Tol Buah Batu > Gerbang Tol Buah Batu > Belok Kanan > Jalan Terusan Buah Batu > Bojongsoang > Bale Endah > Pameungpeuk > Banjaran > Cimaung > Soreang > Pasirjambu > Ciwidey > Gerbang Kawah Putih.

Rute 4 :Kawah putih Ciwidey Bandung  lewat Cimahi (recommended)

Jakarta > Tol Jakarta – Cikampek > Tol Purbaleunyi > arah Pasteur > Keluar Baros Cimahi > Belok Kanan > Jl. Akses Tol Baros > Belok Kanan Jl. Leuwigajah > Nanjung > Marga Asih > Patrol > Stadion Si Jalak Harupat > Soreang > Pasirjambu > Ciwidey > Gerbang Kawah Putih.

Direkomendasikan untuk menggunakan mobil dengan “ Ground Clearance “ yang tinggi. Kalau mobil sedan di khawatirkan akan mentok dengan lubang – lubang yang cukup dalam.
Harga tiket masuk kawanan kawah putih

Kawah putih adalah tempat wisata terbuka untuk umum setiap hari, yaitu dari pukul 07.00 – 17.00 WIB. Tarif atau biaya tiket sebesar Rp. 15.000,- / orang. Harga tiket ini hanya berlaku untuk wisatawan domestik / lokal. Sedangkan harga tiket untuk wisatawan manca negara adalah sebesar Rp. 30.000,- / orang. Perjalanan dari pintu gerbang kawah putih menuju lokasi puncak berjarak sekitar 5 Km, dengan jalan yang menanjak naik ke atas. Untuk menuju puncak di sediakan alat transportasi yang dinamakan ontang anting dengan tarif Rp. 10.000,- / orang pulang pergi sebagai sarana pendukung wisata kawah putih Ciwidey. Nama ontang anting di ambil dari bahasa Sunda yang berarti mondar mandir.

Untuk fasilitas tersedia mushola, tempat parkir, dan kendaraan menuju kawah. Selain itu di sekitarnya banyak warung – warung yang menyajikan berbagai makanan dan minuman tradisional. Salah satu minuman favorit adalah seduhan kopi hitam dan bandrek. Minuman ini dapat menghangatkan badan karena rasa jahenya.

Harga tarif / biaya parkir kendaraan Kawah putih Ciwidey Bandung
Tersedia 2 areal parkir untuk para wisatawan yang berkunjung dengan membawa kendaraan pribadi. Kedua tempat parkir tersebut ada yang terletak di bawah dan berada dekat dengan gerbang masuk dan tempat parkir atas yang dekat dengan lokasi kawah.

Tarif parkir bawah Kawah putih Ciwidey Bandung (bisa berubah sewaktu-waktu)

Kendaraan roda dua / motor tarifnya sebesar Rp. 5.000,00
Kendaraan roda empat /mobil tarifnya sebesar Rp. 6.000,00
Jika kendaraan parikir dibwah untuk sampai ke lokasi puncak dapat dilanjutkan dengan naik ontang anting dengan tarif yang telah di jelaskan di atas.

Tarif parkir atas Kawah putih Ciwidey Bandung

Kendaraan roda empat / mobil tarifnya sebesar Rp. 150.000,-
Tarif parkir di atas di kenai biaya yang cukup mahal, namun tentunya tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk naik ontang anting.
Harga tarif wisata kawah putih di atas kami dapatkan dari sumber yang dapat di percaya karena bersumber dari salah satu pengelola objek wisata tersebut. Namun beliau juga menuturkan tarif bisa saja berubah – ubah sewaktu – waktu seperti waktu hari libur panjang.
Demikian penjelasan kami tentang Kawah putih Ciwidey Bandung semoga bisa menjadi destinasi buat anda berwisata bersama keluarga .silahkan di share 

No comments:

Post a Comment

Artikel Terbaik