Wednesday, March 4, 2015

Cara Mengkristalkan Batu Bacan

Barikut adalah cara supaya Batu Bacan yang kita mililki cepat mengkristal

Soaking

Soaking adalah peroses perendaman batu dalam sebuah wadah yang berisi air dingin atau hujan atau air yang tidak mengandung zat kapur. Proses ini bisa memakan waktu 24 jam (sehari semalam) untuk memastikan air menyerap dengan sempurna ke dalam batu. Fungsi perendaman ini untuk mengangkat zat non alam yang ada dalam batu seperti minyak atau cairan kimia. Kerena kemungkinan saat peroses pembentukan atau threatmen dari pengrajin pernah direndam dengan ciran kimia.

Drying

 adalah proses pengeringan. Caranya angkat dari dalam rendaman untuk selanjutnya dilap dengan kain/bahan lembut sambil diangin-anginkan agar batu mongering secara alami dalam suhu normal (jangan dijemur) proses ini memakan waktu selama 2 hari

Heating

Proses pemanasan dengan suhu 70-80 derajat Celcius. Namun sebaiknya ambil langkah aman dengan menjemur pada terik matahari mulai dari pukul 09.00 hingga pukul 11.00 WIB. Proses ini akan mengubah warna batu yang semua gelap, hitam ata coklat akan terlihat mulai berubah menjadi hijau atau biru dan mulai merata dan terlihat agak jernih

Waktu proses pemanasan bisa memakan waktu beberapa hari tergantung berubahan yang terlihat sampai batu berwarna merata. Namun, hal yang perlu diingat saat melakukan penjemuran pastikan batu tidak mengandung air lagi didalamnya setelah melakukan proses perendaman dan pengeringan yang telah dilakukan sebelumnya.

Cooling

Proses pendinginan batu. Setelah dilakukan pemanasan atau penjemuran, jika batu sudah terlihat mulai jernih dengan warna merata maka langkah terakhir adalah pendinginan (cooling) dengan cara merendam pada air hujan atau bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak kayu putih. Setelah proses ini batu bacan akan terlihat mengkilap dan mengkistal.

No comments:

Post a Comment

Artikel Terbaik